Selasa, 15 Desember 2009

SKL MP B.ARAB MADRASAH ALIYAH

Mata pelajaran Bahasa Arab merupakan suatu mata pelajaran yang diarahkan untuk
mendorong, membimbing, mengembangkan, dan membina kemampuan serta menumbuhkan
sikap positif terhadap Bahasa Arab baik reseptif maupun produktif. Kemampuan reseptif yaitu
kemampuan untuk memahami pembicaraan orang lain dan memahami bacaan. Kemampuan
produktif yaitu kemampuan menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi baik secara lisan
maupun secara tertulis. Kemampuan berbahasa Arab serta sikap positif terhadap bahasa Arab
tersebut sangat penting dalam membantu memahami sumber ajaran Islam yaitu al-Qur’an dan
Hadits, serta kitab-kitab berbahasa Arab yang berkenaan dengan Islam bagi peserta didik.
Untuk itu, bahasa Arab di Madrasah dipersiapkan untuk pencapaian kompetensi dasar
berbahasa, yang mencakup empat keterampilan berbahasa yang diajarkan secara integral,
yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Meskipun begitu, pada tingkat pendidikan
dasar (elementary) dititikberatkan pada kecakapan menyimak dan berbicara sebagai landasan
berbahasa. Pada tingkat pendidikan menengah (intermediate), keempat kecakapan berbahasa
diajarkan secara seimbang. Sedangkan pada tingkat pendidikan lanjut (advanced)
dikonsentrasikan pada kecakapan membaca dan menulis, sehingga peserta didik diharapkan
mampu mengakses berbagai referensi berbahasa Arab.

Mata pelajaran Bahasa Arab memiliki tujuan sebagai berikut .
1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab, baik lisan maupun
tulisan, yang mencakup empat kecakapan berbahasa, yakni menyimak (istima’),
berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah).
2. Menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya Bahasa Arab sebagai salah satu
bahasa asing untuk menjadi alat utama belajar, khususnya dalam mengkaji sumbersumber
ajaran Islam.
3. Mengembangkan pemahaman tentang saling keterkaitan antara bahasa dan budaya
serta memperluas cakrawala budaya. Dengan demikian peserta didik diharapkan
memiliki wawasan lintas budaya dan melibatkan diri dalam keragaman budaya.

Mata pelajaran bahasa Arab di madrasah Aliyah terdiri atas bahan yang berupa
wacana lisan dan tulisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan
keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisahkisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.

Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
1. Menyimak
Memahami wacana lisan berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan
keluarga, hobi, pekerjaan, remaja dan problematikanya, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
2. Berbicara
Mengungkapkan secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang perkenalan,
kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam
3. Membaca
Membaca dan memahami makna wacana tertulis paparan atau dialog tentang perkenalan,
kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum,
pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.
4. Menulis
Mengungkapkan secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan, kehidupan keluarga,
hobi, pekerjaan, problematika remaja, kesehatan, fasilitas umum, pariwisata, kisah-kisah Islam, wawasan
Islam, dunia global dan tokoh-tokoh Islam.


>

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

email